Rabu, 01 April 2020 | 11:04:02 WIB

TUJUH DESA DI HALMAHERA SELATAN MENGANCAM GOLPUT PADA PILKADA 2020

Minggu, 12 Januari 2020 | 13:42 WIB
  • Foto Sultan Ternate

Ternate, LINDO - Himpunan Mahasiswa Bacan Barat (HIMA BB) Kab. Halmahera Selatan (HALSEL), mengadakan rapat Musyawarah Besar pertama bertempat di Benteng oranje pada jumat (03/01/20).

dalam musyawarah kali ini, para mahasiswa  membahas perkembangan daerah mereka yang kian hari tidak mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Halmahera Selatan (HALSEL), maupun perangkat desa.

Menurut muhajir, H. Bahrain Kasuba, S.Pd selaku bupati Halmahera Selatan (HALSEL) sering berpergian ke pulau pogo pogo yang terletak di Kecamatan bacan barat.

Selain melakukan kunjungan, Bahrain juga berjanji akan menyelesaikan beberapa masalah infrastruktur yang ada sambungnya. akan tetapi nyatanya sampai sekarang, banyak janji yang tidak terealisasikan bahkan ada beberapa desa yang jauh dari kata sejahtera.

"kami kecewa dengan masa kepemimpinan bapak Bahrain Kasuba di periode pertama. karena dia hanya datang dan mengumbar janji, tanpa merealisasikan janji yang sudah di berikan" ucap salah seorang mahasiswa perwakilan desa sekecamatan bacan barat saat di konfirmasi.

Menurut informasi yang di himpun LINDO, memang benar ada beberapa desa di kecamatan Bacan Barat yang belum menikmati pembangunan infrastruktur serta pelayanan masyarakat. Diantaranya 
Desa Kusubibi, Desa Nang, dan Desa Kokotu yang belum dapat menikmati listrik, Desa Tawabi yang belum menikmati air bersih dan akses jalan lingkar yang belum dapat di nikmati.

Selain itu, warga dan masyarakat kecamatan Bacan Barat juga terus mengeluhkan fasilitas kesehatan dan tenaga keguruan yang masih kurang memadai di daerahnya.

Sebagai salah satu kecamatan induk di Kabupaten Halmahera Selatan (HALSEL), Warga dan masyarakat merasa di diskriminasi oleh pemerintah setempat. Pasalnya hanya beberapa daerah tertentu yang di utamakan pembangungannya. Sedangkan di kecamatan bacan barat di terlantarkan.

"Perlu kami tegaskan bahwasannya kami perwakilan dari tujuh desa yang ada di kecamatan Bacan Barat mengancam pemerintah kabupaten Halmahera Selatan (HALSEL) akan melakukan golput pada Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) 2020 jika tidak ada tanggapan serius dari pemerintah setempat." Ucap Muhajir Abubakar selaku ketua HIMA BB.

Muhajirpun mengatakan "kami semua berharap agar pemerintah tidak menutup mata dan telinga atas aspirasi yang kami sampaikan dan semoga pemerintah mau menindak lanjuti apa yang kami suarakan." Sambung mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Khairun (UNKHAIR) itu.

SULTAN