Rabu, 01 April 2020 | 09:01:09 WIB

Kasau Saksikan Uji Dinamis Water Container Bombing Di Lanud Suryadarma

Jum'at, 17 Januari 2020 | 21:34 WIB
  • (FOTO : PENLANUDSDM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala  Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, para pejabat dari Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kementrian Lingkungan Hidup, serta pejabat Tentara Nasional Indonesia (TNI) lainnya dan penyelenggara kegiatan uji coba water container bombing Kadislitbang Marsma TNI Rochmadi Saputro, menyaksikan Uji Dinamis, simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan, oleh pesawat C-130 Herkules TNI AU (Angkatan Udara), dengan menggunakan metode WCB atau Water Container Bombing. Kegiatan tersebut dilaksanakan di area lahan sasaran sebelah selatan landasan pacu, Pangkalan Udara (Lanud) Suryadarma, Kalijati Subang, Jawa Barat, Jumat, (17/1/20)

Kadislitbang Marsma TNI Rochmadi Saputro menyampaikan, kegiatan riset Water Container Bombing ini telah melewati beberapa tahapan. Dimulai dari pembuatan kajian, penelitan, pengembangan dan pembuatan material, serta melaksanakan uji coba secara statis. 

“Untuk itu, pada hari yang berbahagia ini, dapat kita saksikan, uji dinamis dari water Container Bombing, dari hasil riset Litbang buat Dislitbangau. Yang akan disaksikan secara langsung, oleh Kasau dan beberapa instasi pemerintah,” ujar Marsma TNI Rochmadi Saputro.

Kadislitbang menjelaskan, dalam uji coba dinamis Water Container Bombing ini, dilaksanakan dalam dua Run. Untuk Run pertama, dijatuhkan 38 bola air, mengunakan track no 1 dan 3, dimana setiap tracknya terdiri dari 19 bola air. Dan Run kedua, dijatuhkan 38 bola air, mengunakan track no 2 dan 4, dimana setiap track nya terdiri dari 19 bola air. “Setiap bola yang dijatuhkan berisi air 120 liter, dan mampu memadamkan api dengan luas 22 m2.,” paparnya. 

Pesawat yang digunakan pada Uji Dinamis hari ini adalah pesawat C 130 Hercules type H, dengan tail number A-1316, yang diterbangkan langsung oleh Komandan Skadron Udara 32, Letkol Pnb Suryo Anggoro selaku Captain Pilot. Dibantu oleh dua orang Co pilot Lettu Pnb Banu, dan Letda Pnb Zagota. Serta, bertindak sebagai Navigator, yang memandu mengarahkan pesawat ke terget area,  adalah Mayor Nav Afan dan Mayor Nav Nanang.

Menurutnya, keseluruhan kegiatan ini, patut menjadi kebanggaan TNI AU dan bangsa Indonesia, karena metode Water Container Bombing, merupakan karya anak bangsa, yang dikembangkan oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU untuk Indonesia.

"Uji coba water container bombing ini akan dibuatkan sertifikasinya oleh Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja TNI AU (Dislambangjaau)," ujar Kasau saat diwawancara awak media di lantai empat Hiliport, Lanud Suryadarma, Kalijati.

Kita ketahui bersama, bencana kebakaran hutan dan lahan, sering kali terjadi di wilayah Indonesia, khusus nya di wilayah Sumatera dan Kalimantan, membutuhkan pencegahan dan penangan secara serius oleh pemerintah pusat maupun daerah. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), luas lahan yang terbakar di seluruh wilayah Indonesia mencapai 857 ribu hektar, yang terindentifikasi dari bulan Januari hingga September 2019.

“Oleh sebab itu, TNI AU melalui Dislitbangau melakukan inovasi, dengan menciptakan metode Water Container Bombing, yang diharapkan mampu bekerja secara efektif dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan,” ujar Alumni AAU 1986.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPB Doni Munardo mengucapkan terima kasih kepada TNI AU yang sudah membuat trobosan yang baru dalam mengatasi bencana kebakaran. ”Mudah-mudahan ini menjadi solusi yang kita harapkan bersama dalam mengatasi kebakaran hutan,” harap Doni Munardo saat menyasikan secara langsung kegiatan uji coba water container bombing.

Setelah melaksanakan uji coba water container bombing Kasau, Kepala BNPB, pejabat dari Mabes TNI, dari Kementerian lingkungan hidup, Ketua DPRD Subang dan undangan lainnya, yang melihat dari dekat obyek yang dijadidikan sasan uji coba water container bombing. Kasau dan pejabat lainnya puas dan bangga atas hasil dari uji coba tersebut. (ARMAN R)