Rabu, 01 April 2020 | 10:50:45 WIB

Latihan Kepemimpinan Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-58 TA 2020

Sabtu, 18 Januari 2020 | 16:36 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 175 Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA 2020, yang terdiri dari 161 Perwira Menengah (Pamen) TNI AL, 2 Pamen TNI AD, 2 Pamen TNI AU, 2 Pamen Polri, 8 Pamen Mancanegara (Arab Saudi, Australia, China, India, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam), mengikuti Latihan Kepemimpinan (Latpim) yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 16-17 Januari 2020 di Camp Hulu Cai, Tapos, Bogor, Jawa Barat (17/01).

Kegiatan Latpim ini diawali dengan pembukaan oleh Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., yang diwakilkan Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel laut (P) Apriyani, S.H., M.M, M.Si (Han).

Terlihat seluruh Perwira Mahasiswa sangat bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan dilihat dari begitu antusiasme yang diberikan dari awal pembukaan dengan pertunjukan yel-yel dari Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020.

Setelah pembukaan, para Perwira Mahasiswa tersebut dibagi menjadi 15 kelompok selanjutnya mulai mengikuti rangkaian kegiatan di hari pertama, Kamis (16/1/20) dengan pemberian 9 problem yang harus dilaksanakan bersama dalam team work, antara lain adalah Scavenger hunt, Penyebrangan Kering, Emphaty Ball, Magic Stick, Sending the Message, Medicine Rescue, Penyeberangan Basah, Rawa Buaya dan Jaring Laba-laba.

Masing-masing kelompok harus menyelesaikan setiap tantangan dengan berjalan kaki ke setiap titik-titik persoalan yang telah disiapkan. Setiap persoalan yang dikerjakan harus dilaksanakan dan diselesaikan oleh setiap kelompok sehingga pada akhirnya akan mendapatkan point dari setiap persoalan yang diikuti.

Pada malam harinya seluruh Perwira Mahasiswa melaksanakan kegiatan Jurit malam, Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih kekompakan tim dan soliditas tim dalam menghadapi problem yang diberikan dalam kondisi gelap dan minimnya penerangan, setelah selesai kegiatan para Perwira Mahasiswa berkumpul dan mengikuti malam renungan dengan api unggun.

Di hari kedua, Jumat (17/01), kegiatan diawali dengan olahraga dan apel pagi, seluruh Perwira Mahasiswa masih bersemangat dan hal ini ditunjukan dengan penampilan perlombaan yel-yel yang ditampilkan oleh masing-masing kelompok dan akhirnya terpilih sebagai kelompok yang menjadi terbaik yel-yel adalah kelompok 15, kelompok yang terbaik dari setiap kegiatan adalah kelompok 4. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pipa bocor dan flying fox.

Yang paling berkesan dalam kegiatan ini ialah seluruh Perwira Mahasiswa berhasil melaksanakan tantangan terakhir dengan membangun Jembatan Darurat dengan waktu 1 (satu) jam saja. Dengan demikian, Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 berhasil memberikan kenang-kenangan yang indah dan sangat bermanfaat untuk Camp Hulu Cai dan Desa Tapos, di Daerah Bogor, Jawa barat.

Turut serta dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama Seskoal, Kepala Departemen Kejuangan (Kadepjuang) Seskoal Kolonel Laut (P) Sunarno Adi, S.M. selaku penanggungjawab kegiatan Latpim Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020, para Patun dan Dosen Seskoal. (ARMAN R)