Rabu, 01 April 2020 | 08:11:17 WIB

Tutup Buku Tahun 2019, Primer Koperasi Kartika Karianga Kodim 1508/Tobelo Gelar RAT

Selasa, 28 Januari 2020 | 12:35 WIB
  • (FOTO: FAISAL/WYU-1508/LINDO)

HALUT, LINDO - Kodim 1508/Tobelo menggelar Rapat Tahunan (RAT) Primer Koperasi Kartika Karianga Tutup Buku Tahun 2019. Dengan tema "dengan semangat Kebersamaan, kemandirian dan kinerja yang baik, kita tingkatkan peran Koperasi Kartika dalam menunjang kesejahteraan Prajurit dan PNS TNI AD" yang dipusatkan di Aula Makodim 1508/Tobelo, Jalan Kawasan Pemerintahan, Desa MKCM, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Selasa (28/01/2020).

Hadir dalam rapat tersebut Kasdim 1508/Tbl Mayor Inf Robi Manuel S.sos, Kadis Koperasi dan UMKM Kab. Halmahera Utara Drs. Suwarno Tongo Tongo serta Staf, Para Perwira Staf Kodim 1508/Tbl, para Danramil jajaran Dim 1508/Tbl, Ketua Koperasi Kartika Kariangan Serma La Ode Asnani serta pengurus, personel Kodim 1508/Tbl serta personel Koramil jajaran Dim 1508/Tobelo.

Kadis Koperasi dan UMKM Kab. Halmahera Utara Drs Suwarno Tongo Tongo dalam sambutannya mengatakan, rapat anggota tahunan ini adalah merupakan amanat dari undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, dan itu mutlak dilaksanakan. Karena Rapat anggota tahunan merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi.

"Kita ketahui bahwa rapat anggota tahunan juga merupakan implementasi dan spirit serta semangat dalam berkoperasi. Sebagai Institusi dalam pengambilan keputusan tertinggi dalam Rapat anggota tahunan, bahwa kekuatan utama dalam koperasi itu ada pada anggota," ungkapnya.

Lanjut dikatakan, rapat anggota tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi kearah yang lebih baik. Yakni akan membahas laporan pertanggung jawaban pengurus serta rencana anggaran pendapatan serta belanja koperasi.

"Pertanggung jawaban ini penting karena mengukur kinerja pengurus koperasi. Sehingga kedepan kinerja koperasi dapat di perbaiki dan disempurnakan. Dalam hal ini, rencana strategis Pemerintah daerah dalam sektor perkoperasian adalah menjadikan koperasi yang aktif dan sehat untuk peningkatan setiap peran anggotanya," katanya.

Mengakhiri sambutanya Kadis Koperasi dan UMKM mengatakan, Pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM Kab.Halmahera Utara akan terus berupaya untuk melakukan pengawasan dan untuk memberikan motivasi agar bertumbuh koperasi-koperasi yang ada di wilayah Kab.Halmahera Utara.

Sementara sambutan Kasdim 1508/Tbl Mayor Inf Robi Manuel,S.Sos mengatakan, saya harapkan mari kita ikuti kegiatan ini dengan baik hingga selesai.

"Memang Koperasi Kartika Karianga ini setiap tahun kami melaksanakan rapat anggota tahunan. Sehingga jika dari Dinas terkait melakukan inspeksi ke koperasi kami. Kami sangat berterima kasih demi untuk kemajuan koperasi dan kesejahteraan Prajurit," ujarnya.

Lanjut dikatakan, kepada seluruh anggota koperasi saya harapkan  gunakan kesempatan ini untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing, sehingga kedepan koperasi kita makin lebih baik.

"RAT bukan hanya sekedar kegiatan seremonial saja akan tetapi mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik lagi, karena dalam RAT ini juga membahas tentang laporan pertanggungjawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi," pungkasnya.

FAISAL/WYU-1508