Sabtu, 06 Maret 2021 | 12:26:16 WIB

Hut Ke 56 Dharma Pertiwi, Yayasan Hang Tuah Hadirkan Produk Siswa

Jum'at, 13 Maret 2020 | 20:53 WIB
  • (FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Yayasan Hang Tuah  Cabang Surabaya turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (Hut) Dharma Pertiwi Ke- 56 yang berlangsung di Gedung Balai Prajurit  Kodam V Brawijaya, Jawa Timur (Jatim), Kamis (12/3/20), dengan menghadirkan 3 Satuan Pendidikan (Satdik), yaitu SMP Hang Tuah 6 Excellent, SMA Hang Tuah 1 dan SMK KAL-1 yang memiliki produk unggulan.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya Drs. SD Seputra, S.K.M.,M.M, memberikan kesempatan kepada ke-3 Satdik tersebut. SMA Hang Tuah 1 menampilkan produk siswa berupa bartender dan pesttry, SMP Hang Tuah 6 Excellent dengan hasil desain grafhics package dan foto digital  painting, sementara SMK MKAL 1 menampilkan produk terbarunya di awal tahun 2020 berupa Dongkrak electric, Kapal pendeteksi kualitas air,  Mesin printer 3D, Robot line tracer,  Animasi,  Arduino, Smart bag hajj / tas haji multifungsi, Siakal/sistem informasi KAL 1, door lock finger print,  Motor bycycle electric dan Drone pendeteksi kualitas udara. 

Pameran yang dipertontonkan SMK KAL-1, secara langsung mendapat perhatian khusus dari Pangdam V Brawijawa Majen TNI Wisnoe P.B,  Komandan Guspurla Koarmada II Laksama TNI Eko Raharjo, Ketua Dharma Pertiwi Daerah E Ny. Drg Arie Setiati, Anggota Pengawas Daerah  II YHT Ny.  Yayuk Heru Kusmanto, Anggota Pengawas Cabang Surabaya Ny. Yoeliana Tedjo Sukmono. 

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si menyampaikan, semua produk siswa diawal tahun kepemimpinannya, merupakan hasil murni inovasi siswanya. Khusus KITI (Karya Inovasi telnologi Institusi) yang terdiri dari Dron  pendeteksi kualitas udara, Siakal/ system  informasi KA-1, Kapal pendeteksi kualitas air dan Smart bag hajji), merupakan produk 100 hari kepemimpinan Letkol Ambar di SMK KAL-1.

YHT Cabang Surabaya, disamping mengikuti pameran pendidikan pada Hut Dharma Pertiwi Ke-56, juga mengikuti kuis pelajar yang diselenggarakan dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Kuis Pelajar ini diikuti oleh sekolah-sekolah yang berada di lingkup TNI AD, AL, AU dan Kepolisian dimana masing masing mengikut sertakan 15 peserta  ditiap-tiap tingkatan.

YHT Cabang Surabaya pada kesempatan itu, mengikuti kuis pelajar yang di selenggarakan dalam rangka Hut Dharma Pertiwi Ke-56 tahun 2020, keluar sebagai juara masing-masing dari tingkat SD, juara 1 diraih Elga Okta Firmansyah dari SD Hang Tuah 3, juara 2 Queenza Shafa Athalia Thara dari SD Hang Tuah 6, dan juara 3 diraih Raedi Radifan Nur Rasis dari SD Hang Tuah 7. 

Tingkat SMP, juara 1 diraih Bardy Karunia dari SMP Hang Tuah 6 Excellent, juara 2 diraih Nura Olivia Alghiifary SMP Hang Tuah 1, dan juara 3 diraih Nadya Putri Kinasih dari SMP Hang Tuah 2. Tingkat SMA, Juara 1 diraih Hafifah Aprilia Indrianingrum dari SMA Hang Tuah 5, juara 2 diraih Bima Pancara Haryono Putra dari SMA Hang Tuah 5, dan juara 3 diraih Ariel Muhammad Darsono dari SMA Kartika IV. 

Sedangkan, di tingkat SMK, keluar sebagai juara 1 diraih Praditya Martha Mahwidariyanto dari SMK Angkasa, Juara 2 diraih Alvin Deriz Cavalera dari SMK KAL-1 dan Juara 3 diraih Dylan Eka Syahputra dari SMK KAl 2.

Para pemenang 1 hingga 3, kecuali di tingkat SMA (hanya juara 1 dan 2) yang berhak mengikuti kuis pelajar tingkat nasional yang akan berlangsung di bulan April 2020 yang akan datang. (ARMAN R)