Rabu, 05 Agustus 2020 | 03:26:30 WIB

Tiga Pasien Corona Di RSAL dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X Jayapura Dinyatakan Sembuh

Sabtu, 23 Mei 2020 | 10:36 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Setelah menjalani karantina dan perawatan selama beberapa hari, sesuai dengan protokol penanganan Covid-19, sebanyak 3 (tiga) Pasien corona Covid-19 RSAL dr. Soedibjo Sardadi, dinyatakan sembuh, Jumat (22/5/20).

Informasi 3 orang sembuh Corona ini disampaikan oleh Komandan Satgas Covid-19 Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Letkol Laut (K) dr. Agung Bambang Hartono., Sp.Rad., yang tak lain juga menjabat sebagai Kepala RSAL dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X Jayapura. 

"Setelah melalui test swab sebanyak dua kali, ketiga pasien yang sedang menjalani proses hukum di Kepolisian Resort Kota Jayapura, dinyatakan negatif Covid-19. Sebelumnya RSAL dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X menerima 6 orang pasien berjenis kelamin laki-laki yang kesemuanya merupakan tahanan Polresta Jayapura," ungkap Letkol Laut (K) dr. Agung Bambang Hartono.

Selanjutnya, ketiga orang yang telah dinyatakan sembuh tersebut diserahkan kembali dan dijemput oleh pihak Polresta Jayapura. Untuk 3 orang tahanan lainnya hasil test swab sebanyak 2 kali masih dinyatakan positif Covid-19, kini masih dirawat di ruang isolasi.

Selain itu tambahnya, RSAL dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X juga merawat 5 pasien positif Covid-19, yang terdiri dari empat pasien laki-laki dan satu pasien perempuan. Ada juga seorang pasien dalam pengawasan berjenis kelamin perempuan yang masih dirawat, menunggu hasil test swab yang pertama. 

"Dengan demikian RSAL dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X sampai saat ini masih merawat 8 pasien positif Covid-19 dan satu orang Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang semuanya ditempatkan di ruang isolasi," jelas Kepala RSAL dr. Soedibjo Sardadi. 

Untuk kapasitas ruang isolasi penanganan Covid-19, pihak rumah sakit menyiapkan 20 tempat tidur, dengan komposisi 6 tempat tidur khusus pasien positif Covid-19, 6 tempat tidur khusus PDP laki-laki, 6 tempat tidur khusus PDP wanita dan 2 tempat tidur yang berlokasi terpisah khusus untuk pasien corona plus TBC.

Menurut manajemen RSAL dr. Soedibjo Sardadi, komposisi tempat tidur di ruang khusus isolasi bisa sewaktu-waktu berubah, menyesuaikan dengan kondisi atau status pasien yang sedang dirawat. (ARMAN R)