Kamis, 01 Oktober 2020 | 15:50:18 WIB

Pangkoarmada I Tinjau Mako Lantamal XII, Wajok

Jum'at, 10 Juli 2020 | 08:26 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut  (Danlantamal) XII Pontianak Laksma TNI Agus Hariadi beserta seluruh prajurit Lantamal XII, bertempat di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII, Wajok, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), menerima kunjungan Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., beserta rombongan, dalam rangka meninjau Obyek Vital di wilayah Kerja Lantamal XII, Rabu (8/7/20).

Adapun pejabat yang ikut mendampingi Pangkoarmada I, antara lain Asintel Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Edi Krisna Murti, Asops Pangkoarmada I, Kolonel Laut (P) Deny Prasetyo, Aslog Pangkoarmada I, Kolonel Laut (T) Mochamad Taufiq Hidayat, S.T., M.Si., Aspotmar Pangkoarmada I, Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto,S.E., Koorsmin Pangkoarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho, S.E., M.Tr (Hanla), Kadispen Koarmada I, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi, S.E, dan Serda Mes Rudi Firmansyah (ADC).

Rangkaian kegiatan Pangkoarmada I, saat tiba di Mako Lantamal XII Wajok disambut dengan jajar kehormatan “Tim Palrip” Prajurit Lantamal XII dan dilanjutkan dengan laporan situasi Mako Lantamal XII Wajok oleh Dandema Lantamal XII Letkol Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos. 

Selanjutnya, Pangkoarmada I, Danlantamal XII dan Pejabat Utama Lantamal XII beserta rombongan yang ikut mendampingi Pangkoarmada I yang beragama muslim melaksanakan sholat dzuhur. Acara dilanjutkan dengan peninjauan situasi keliling Mako Wajok secara visual dari ruang VIP dan ruang Rapat Mako Wajok, disertai dengan penjelasan Danlantamal XII tentang situasi dan kondisi serta kerawanan yang ada Wilayah Kerja Lantamal XII, dilanjutkan dengan Laporan Komando.

Selesai laporan komando oleh Danlantamal XII, acara dilanjutkan dengan pengarahan Pangkoarmada I kepada seluruh Prajurit Lantamal XII, kemudian penyerahan bingkisan kepada masyarakat pesisir dan penebaran benih ikan nila dan lele di kolam ikan Mako Wajok sebagai ketahanan pangan prajurit Lantamal XII, dimasa Pandemi Covid-19.  

Selesai melaksanakan penebaran benih ikan, Pangkoarmada I dan rombongan didampingi Danlantamal XII dan Pejabat Utama Lantamal XII, melaksanakan kunjungan ke PT. Steadfast Marine Tbk di Jalan Khatulistiwa Km. 6,6, Batu Layang, Kota Pontianak yang telah memproduksi 2 KAL, dimana salah satunya telah dioperasionalkan dibawah jajaran Koarmada I dengan nama KAL Anyer di Lanal Banten. 

Pangkoarmada I beserta rombongan ingin melihat dari dekat galangan yang dimiliki oleh PT Steadfast Marine Tbk dan berharap bila produk KAL yang dihasilkan bagus dan siap dipakai dalam jangka waktu yang lama kedepan tidak menutup kemungkinan TNI AL akan mengembangkan ke Type Kapal Perang yang lainya di PT Steadfast Marine Tbk. 

Sekembalinya rombongan Pangkoarmada I dan Danlantamal XII beserta pejabat utama Lantamal XII, dari PT. Steadfast Marine Tbk, langsung menuju ke Dermaga Wajok kemudian On Board ke Kal Lemukutan I-12-15 guna meninjau kesiapan unsur KRI, Kal dan Patkamla yang ada di Dermaga Satrol Lantamal XII Jeruju.

Saat berlayar menyusuri alur sungai Kapuas, Pangkoarmada I melaksanakan wawancara dengan para wartawan media yang ikut on board di atas Kal Lemukutan I-12-15 yaitu menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi Lantamal XII, serta ingin meninjau secara langsung Obyek Vital di wilayah kerja Lantamal XII yang Nota Bene masih berada dibawah Jajaran Koarmada I, dan untuk wilayah kerja Lantamal XII sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

Kunjungan kerja Pangkoarmada I ke Lantamal XII Pontianak, untuk mengecek dan melihat lebih dekat kesiapsiagaan prajurit lantamal XII, baik personil dan materiil serta sarana dan prasarana seperti KRI, KAL, Patkamla, Sea Rider dan lainnya dalam melaksanakan dukungan bersama sama dengan instansi lain dalam rangka penanganan dan sosialisasi tentang penyebaran covid-19 dimana Kalimantan Barat berstatus green zone area (area hijau) informasi didapat dari Wakil Bupati Kalbar pada saat menerima Kunker Pangkoarmada I di Bandara Lanud Supadio Pontianak.

“Sebagaimana kita ketahui bersama kita masih disibukkan dengan dukungan TNI AL bersama-sama dengan jajaran lainnya dalam rangka penanganan dan sosialisasi tentang penyebaran Covid-19 namun sebagai Panglima saya juga bertanggung jawab atas kesiapan unsur-unsur bawah saya,” tutur Pangkoarmada 1

Pangkoarmada I juga menjelaskan tentang giat serta peran Prajurit Lantamal XII dalam penanggulangan wabah pandemic virus Covid-19 agar kita tetap produktif dan tetap aman di tengah tengah virus covid-19 yang belum selesai.

“Tugas tambahan kepada kita yaitu meyakinkan kehadiran Lantamal XII dalam perannya untuk penanggulangan Covid-19 kebetulan disini green area namun tetap pemasyarakatan maupun sosialisasi tentang bagaimana hidup sehat berdampingan dengan covid namun kita tetap produktif dan aman itu kuncinya," ujarnya.

Dalam Kunjungan kerjanya di Mako Lantamal XII, Pangkoarmada I melaksanakan program Ketahanan Pangan guna membantu pemerintah bersama dengan prajurit Lantamal XII dan Yonmarhanlan XII yaitu dengan melaksanakan penaburan benih ikan dan penanaman palawija.

“Tugas kita adalah pemanfaatan lahan untuk dikelola menjadi lahan yang produktif guna mendukung program ketahanan pangan. Baru saja kita menabur benih ikan lele dan nila serta menanam 5000 palawija dan tanaman lain sebagainya yang nantinya pada kondisi tertentu akan sangat berguna untuk anggota dan masyarakat sekitarnya," jelas Pangkoarmada I

Setelah melaksanakan peninjauan di Mako Lantamal XII, keesokan harinya Pangkoarmada I akan melanjutkan kunjungan kerjanya untuk meninjau objek vital yang ada di Lanal Ketapang yang diresmikan tahun 2020 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M.

“Kita juga sudah mengembangkan disini ada Lanal yaitu Lanal Ketapang yang besok akan kita kunjungi yang diresmikan tahun 2020 besok akan kesana dan bagaimana kesiapan mereka dimana bersama sama dengan instansi lainnya menangani covid-19, peran pengamanan dan penegakan hukum di laut dan bagaimana peran mereka dalam mendukung operasional kapal-kapal yang ada di laut," kata Pangkoarmada I

Selain itu, kedepan Lantamal XII akan mempunyai satu buah Lanal yang baru di sebelah utara yaitu Lanal Sambas. “Sedang dalam perencanaan kita akan 
membuat Lanal disebelah utara yaitu Lanal Sambas disekitar Sambas nanti kita akan rencanakan bersama dan pelajari bersama,” ungkapnya. (ARMAN R)