Rabu, 05 Agustus 2020 | 03:23:45 WIB

Mahasiswa Lata-lata Dukung Proses Hukum Kades Malik Gama

Sabtu, 11 Juli 2020 | 14:23 WIB
  • Para warga Lata-lata sedang berpose dengan petugas kepolisian di markas Polda Malut, Jumat (10/07/2020). (Foto: Aldy/Lindo)

TERNATE, LINDO - Juru bicara warga Desa Lata-lata yang berada di Ternate Hasan Maici menegaskan bahwa pihaknya mendukung proses hukum baik itu di Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, maupun di Kepolisian Dearah Maluku Utara.

"Atas nama mahasiswa dan masyarakat desa Lata-lata kami siap mendukung dan mengawal dua kasus itu ke meja hijau. Jadi tidak ada kasus kades Malik Gama yang kami biarkan, semua akan dikawal dan tetap akan kami perjuangkan," kata Hasan usai mendampingi warga melaporkan kasus Malik Gama ke Polda Malut soal kasus pengancaman pembunuhan, pada Jumat (10/07/2020) sore.

Lebih lanjut Hasan mengungkapkan selama perjuangan menggogolkan kasus kades Lata-lata ke Kejaksaan Tinggi Malut dan ke Kepolisian Daerah Maluku Utara adalah hasil kerja keras dia dan temen-teman bersama LBH Pemuda Pancasila Mauku Utara di Ternate. Untuk itu, Hasan meminta agar polisi dan kejaksaan harus bekerja secara profesional agar bisa mengungkap persoalan ini ke publik.

"Kami sudah lelah dengan kasus kades Lata-lata. Makanya melalui media dan aparat penegak hukum di Maluku Utara, mereka harus benar-benar mampu dan membuktikan bahwa kasus ini harus go ke publik termasuk go ke warga masyarakat desa Lata-lata. Mudah-mudahan mereka bisa, dan saya sangat yakin bahwa dua instansi itu akan mampu menjawab keraguan masyarakat yang selama ini menjadi gaduh," ujar Hasan lagi.

Ketika didesak soal jadwal pemeriksaan Abdul Malik Gama, Hasan tidak mau berspekulasi, dia hanya menjawab bahwa haknya berbicara soal jadwal pemeriksaan selanjutnya semua ada ditangan pengacara LBH Pemuda Pancasila Malut di Ternate.

"Soal jadwal pemeriksaan kades Malik dan pelapor, kami tidak tahu, silahkan anda berkonsultasi dengan pengacara LBH kami," paparnya.

ALDY M