Rabu, 03 Maret 2021 | 19:13:24 WIB

Seskoal Laksanakan Pemeriksaan Rapid Test Covid-19

Selasa, 15 September 2020 | 07:51 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebagai bentuk upaya memutus penularan Covid-19, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), melaksanakan pemeriksaan Rapid Test bagi seluruh personel Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Seskoal termasuk Calon Siswa (Casis) Seleksi Masuk PPRA LXII TA. 2021 Lemhannas dan Siswa Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) TA 2020 personel yang berada di lingkungan Seskoal. 

Pemeriksaan Rapid Test dilaksanakan mulai 14 sampai dengan 16 September 2020, di Pendopo Yos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (14/9/20).

Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) disela-sela peninjauan kegiatan tersebut mengatakan, Rapid Test ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin bertambah dan memastikan apakah yang personel tersebut dalam kondisi aman dan sehat atau dalam kondisi terpapar Covid-19.

“Semoga seluruh keluarga besar Seskoal dan seluruh bangsa Indonesia sehat Wal’afiat dan wabah Covid-19 dapat segera berakhir,” harap Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto.

Sementara itu, Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Seskoal Letkol Laut (K/W) dr. Agnes I, Sp.B., M.Kes., Sp.B (K) V., Sp.KL., memberikan penjelasan mengenai kegiatan Rapid Test ini menggunakan metode serologi atau dengan mengambil sampel darah. Dimana prosedur pemeriksaan Rapid Test dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan diteteskan di tempat yang sama, hasilnya akan berupa garis yang muncul 10-15 menit setelahnya.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Kapusjianmar Seskoal Kapusjianmar Seskoal Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kakoordos Seskoal Laksma TNI Bambang Pramushinto, M.A., Dipl.War College., SeklemSeskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si (Han)., CHRMP., para Pejabat Utama, Para Dosen dan Patun Seskoal. (ARMAN R)