Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:25:44 WIB

STTAL Selenggarakan Webinar Internasional

Kamis, 24 September 2020 | 23:10 WIB
  • (FOTO : PENSTTAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., mengikuti Webinar Internasional "Utilizing In Advany Of Science And Technologi To Enhance The Maritime Strategic Development" Pascasarjana STTAL dengan Tema ”The 4th International Confrence On Maritime Science And Technology",
di Kampus STTAL Bumimoro, Morokrembangan, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/09/20).

Dalam rangka ikut serta mendorong pencapaian tujuan Pembangunan Nasional Indonesia, STTAL sebagai perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), menyelenggarakan kegiatan Webinar Internasional Pascasarjana STTAL.  

Melalui seminar ini diharapkan dapat dihasilkan kajian-kajian, paper dan tulisan hasil penelitian sebagai saran dan masukan yang berharga dalam menyusun kebijakan pengelolaan optimum potensi sumber daya nasional dalam rangka mendukung pengembangan sistem kemaritiman nasional dan regional.

Seminar Internasional STTAL kali ini dengan Keynote Speaker yakni Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dengan Narasumber, antara lain: Laksamana TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P. yang membahas tentang "Membangun Teknologi Maritim Yang Berdaya Saing Untuk Menuju Negara Maritim Yang Digdaya" dan Professor Shannon Stambersky (Professor of Military Science, UCLA) tentang Leveraging Technology and People to Maintain Security (mengenai strategi-strategi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta hubungannya dengan pertahanan keamanan maritim), serta Professor Stuart B. Kaye (Director of Ancors, UoW, Australia) tentang Maritime Enforcement: Legal Issues arising from Emerging Technology.

Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., dalam sambutannya menyampaikan, STTAL yang mengarah untuk menjadi sebuah Research University menangkap tantangan dan peluang tersebut dengan baik dengan menjadi tuan rumah konferensi tahunan selama empat tahun terakhir.

Menurutnya, berbagai temuan, gagasan dan masukan dalam pengelolaan potensi maritim dan sumber daya nasional, khususnya penelitian strategis dalam perspektif pengembangan sistem nasional, telah menopang penelitian ilmiah dalam mencapai kondisi ketahanan pertahanan dan keamanan nasional yang stabil. Integrasi berbagai penelitian dari akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan (stakeholder) mengenai tantangan dan peluang dalam perwujudan sistem kelautan Indonesia sangat dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan bidang penelitian operasi, manajemen logistik, serta strategi dan kebijakan.

"Oleh karena itu, tujuan konferensi ini adalah untuk mengkolaborasikan dan menyatukan ide-ide berharga dari seluruh peserta agar kita semua dapat memperoleh manfaat dalam hal pembangunan maritim, dan bekerja sama untuk merumuskan kebijakan dan strategi yang lebih baik di masa yang akan datang," jelas Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari.

Dikarenakan saat ini masih masa pandemi Covid-19 tambahnya, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan maka kegiatan Seminar Internasional kali ini dilaksanakan secara Virtual (daring online) dengan peserta dari Mahasiswa, Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil (PNS) STTAL dan juga dari berbagai macam kalangan dan institusi lembaga di seluruh Indonesia yang bisa diikuti/disaksikan secara live streaming di Channel Youtube STTAL pada Kamis, 24 September 2020, Pukul :  08.00 sampai dengan 11.30 Wib. (ARMAN R)