Jumat, 23 Oktober 2020 | 11:59:29 WIB

STTAL Juara Umum LKCT Dan LKTI Hut TNI Ke-75 Tahun 2020

Jum'at, 25 September 2020 | 13:59 WIB
  • (FOTO : PENSTTAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kompetisi Lomba Karya Cipta Teknologi (LKCT) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diikuti seluruh peserta dari tiga Matra Tentara Nasional Indonesia (TNI), yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU, berlangsung ketat yang diikuti seluruh Instansi/Kotama TNI, untuk memeriahkan dan menyambut Hari Ulang Tahun (TNI) Ke-75 tahun 2020, yang berlangsung secara Virtual, di Dislitbangal Pondok Labu, Jakarta, Kamis (25/09/2020)

Para prajurit Teknokrat Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menjadi Juara Umum dalam LKCT dan LKTI. Yntuk mencapai babak final LKCT maupun LKTI, para peserta terlebih dahulu melalui seleksi dan perjuangan yang cukup ketat sampai ke tahap final dengan menyisihkan 60 peserta LKCT dan 113 peserta LKTI dari TNI AD, AL dan AU.

LKCT yang dilaksanakan secara Virtual pada hari Rabu, 24 September 2020 dengan hasil, yakni : Juara I dari TNI AL  yakni Kotama Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) atas nama Kolonel Laut (KH) Dr. I. Made Jiwa Astika, M.MT., dengan judul "Rancang Bangun Cone Explosive Sebagai Senjata Tempur Dasar Laut dengan Sistim Firing Device berbasis Microcontroller Arduino dan Lora". 

Juara II dari TNI AU atas nama Serka Robert Hardiyanto (yang juga Alumni dari Mahasiswa STTAL). Juara III dari TNI AD atas nama Kapten CHB Nur Edi Setiono, S.T dan Juara Harapan I dari TNI AL yakni Kotama Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) atas nama Letkol Laut (T) Ayip Rivai Prabowo, S.T., M.T., dengan judul "Rancang Bangun Prototype Unmanned  Grenade Tamer dengan Kendali Wireless”. Juara Harapan II atas nama Sermatutar (E) Hermanto Irvan Bahri serta Juara Harapan III atas nama Penata III/d M. Taufiqurrahman D, S.E. 

Sedangkan untuk LKTI yang berakhir pada Kamis Sore, 25 September 2020, sebagai Juara I dari TNI AL yakni Kotama STTAL atas nama Letkol Laut (T) Dr. Okol Sri Suharyo, S.T., M.T. dengan judul Analisis dan Pemodelan Networking of Indonesia Naval Base Berbasis System Dynamic dan Solver Model".

Juara II dari Depohar 60 Lanud IWJ  atas nama Mayor TEK Kurniawan Ardhianto, S.T. Juara III dari Dislitbangau atas nama Pembina Tk. I.IV/b Rita Zuana Qomariyah, S.Si., M.T. Juara Harapan I dari TNI AL yakni Kotama STTAL atas nama Mayor Laut (T) Yudha Sukma Perdana, S.T. dengan judul  "Inovasi Pemanfaatan Panas dan Gas Buang Mesin Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif di KRI”.

Juara Harapan II dari Kodam Iskandar Muda Batalyon Artileri Medan 17/Komposit atas nama Letkol Arm Oke Kristiyanto, S.AP serta Juara Harapan III dari Dislitbangad atas nama Letkol Arm Tejo Basuki, S.T.

Dalam sambutannya, Asrenum Panglima TNI menyampaikan, kegiatan LKCT dan LKTI dalam rangka program tahunan Srenum TNI sebagai wujud pembinaan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk membina prajurit/PNS di lingkungan TNI, khususnya menumbuh - kembangkan ide - ide kreatif dan hasil inovasi dibidang LKCT dan LKTI guna mendukung pembinaan kekuatan dan kemampuan TNI.

Hal ini merupakan bentuk komitmen TNI dalam program Pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) No.16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan yang berfungsi membangun dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendukung pengembangan dan pemanfaatan industri pertahanan sekaligus sebagai embrio dalam upaya kemandirian pemenuhan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI. (ARMAN R)