Minggu, 29 November 2020 | 23:14:29 WIB

Prajurit Yonif 125 Edukasi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Cara Sikat Gigi dan Cuci Tangan Yang Benar

Selasa, 29 September 2020 | 19:17 WIB

(Merauke). Prajurit Yonif 125/Simbisa yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG dan berada di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW memberikan edukasi cara sigat gigi dan cuci tangan yang benar kepada siswa-siswi Sekolah Dasar YPPK ST. Fransiskus Xaverius Yanggandur, Distrik Sota, Kab. Merauke, Selasa (29/9/2020).

 

Dansatgas Pamtas Yonif 125/Simbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengatakan, empat personel Satgas dari Pos Yanggandur dipimpin Serda Jeremy Sinaga menyambangi Sekolah Dasar YPPK ST. Fransiskus Xaverius. Setelah berkoordinasi dengan guru, selanjutnya anggota Satgas diijinkan masuk ke ruang kelas untuk memberikan edukasi.

 

“Sesuai dengan tingkatan umur, materi yang disampaikan pun cukup sederhana, yaitu  cara sikat gigi dan cuci tangan yang benar,” ujarnya.

 

Menurutnya, kehadiran dan partisipasi anggota Satgas dalam memberikan edukasi sikat gigi dan cuci tangan yang benar sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap warga perbatasan, terutama generasi muda. “Terkadang pada usia anak-anak seperti ini kebanyakan belum ada kesadaran dalam menjaga kebersihan dan merawat gigi. Untuk itu, peran orang tua dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dalam meningkatkan kesehatan anak,” kata Dansatgas.

 

Dansatgas berharap, melalui kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi kepada anak-anak agar nantinya mereka menggosok gigi dan mencuci tangan secara rutin, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. “Kebersihan dan kesehatan sangat erat kaitannya, sehingga perlu memberikan edukasi agar mereka sadar dan terbiasa melakukannya sejak dini,” pungkasnya.

 

Friska Desma Wati (30 th) guru Sekolah Dasar YPPK ST. Fransiskus Xaverius Yanggandur mengucapkan terima kasih atas kepedulian anggota Satgas yang telah memberikan edukasi cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang benar kepada anak didiknya. “Apalagi yang menyampaikan tentara, mereka lebih antusias dan termotivasi. Semoga kelak diantara anak didik kami ada yang menjadi tentara mengikuti jejak bapak-bapak Satgas, ucapnya berharap. (Bdr)