Kamis, 04 Maret 2021 | 07:09:33 WIB

Saling Percaya, TNI AL Dan Angkatan Laut Philipina Bangun Keamanan Kawasan

Rabu, 2 Desember 2020 | 18:34 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebagai negara tetangga yang saling berbagi lautan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Philipina, harus saling bekerja sama untuk mengamankan wilayah perairannya berdasarkan saling percaya.

Hal demikian disampaikan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., selaku Ketua Delegasi TNI AL pada kegiatan Navy To Navy Cooperation Meeting (NTNCM) Ke 11 secara daring, di Ruang Majapahit, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/20).

Asops Kasal sebagai perwakilan dari  TNI Angkatan Laut mengapresiasi usaha dari Angkatan Laut Philippina dibawah pimpinan Ketua Delegasi Chief of Naval Staff Of Philippine Navy, RADM Adeluis Bordado yang didampingi para asistennya, untuk menyelenggarakan pertemuan Navy to Navy Cooperation Meeting di tengah situasi Covid-19. “Memang ada beberapa kegiatan kerjasama yang harus dijadwal ulang karena musibah covid-19 ini," ungkap Laksda TNI Didik Setiyono.

Dalam pertemuan tersebut, Asops Kasal menyampaikan rasa bangganya karena hubungan kerjasama antara TNI AL dan Angkatan Laut Philipina semakin meningkat dengan akan dilaksanakannya latihan antar Korps Marinir, serta melanjutkan pertemuan untuk bekerja sama dalam aspek keangkatan lautan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak . Selain itu, Angkatan Laut Philipina juga mempercayakan PT. PAL untuk membangun Strategic Sealift Vessel yang bernama BRP Tarlac dan BRP Davao Del Sur. 

“Hal ini menunjukkan hubungan yang saling menguntungkan dan rasa saling percaya dalam hubungan kedua angkatan laut. Saya yakin bahwa hubungan kerja sama dan persahabatan kita akan semakin erat dan berkembang di masa yang akan datang," ucap Laksda Didik Setiyono.

Hubungan pertahanan antara TNI AL dan Angkatan Laut Philipina telah berjalan dengan baik selama bertahun-tahun serta meliputi kegiatan yang semakin luas jangkauannya. Kedua Angkatan Laut telah memiliki banyak perjanjian dan kerja sama yang baik untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan antara angkatan laut, seperti kerja sama dalam bidang operasi dan latihan, pendidikan dan pelatihan, kunjungan kapal serta kunjungan perwira tinggi yang sangat bermanfaat. 

Beberapa Agenda yang dibicarakan pada pertemuan tersebut, adalah : rencana latihan bersama, pertukaran personel dan program pendidikan serta latihan dan penandatanganan Term of Reference.

Kegiatan NTNMC ini merupakan salah satu penjabaran program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M terutama bidang penyelarasan doktrin, operasi dan latihan dan system pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika situasi terkini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Paban V Straops Sopsal selaku Wakil Ketua Delegasi Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, Athan Philipina di Jakarta Captain Zosimo M. Bolanos serta anggota delegasi dari Srena, Sintelal, Disikal, Diskesal, Kormar, Puskersin TNI, Kemhan dan Kemlu. (ARMAN R)