Jumat, 07 Mei 2021 | 07:56:02 WIB

Bersama PT. Kamadjaya Logistics, SMK KAL -1 Siap Luncurkan Jurusan Teknik Logistik Kemaritiman

Rabu, 16 Desember 2020 | 17:02 WIB
  • (FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Menengah  Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) Surabaya berdomisili di Komplek Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) dan bernaung di Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya, Tahun Pelajaran (TP) 2021/2022 secara resmi akan membuka jurusan baru Teknik Logistik Berbasis Kemaritiman.

Untuk lebih mendalami jurusan baru tersebut, Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si (16/12/20) mencoba mencari pemecahan dari akar masalahnya, salah satunya dilaksanakannya webinar dengan sejumlah tokoh Nasional yang berkecimpung dengan Teknik Logistik. 

Webinar antara SMK KAL-1 dan PT Kamadjaya Logistics bak “Gayung Bersambut, Kata Berjawab” menyongsong kehadiran jurusan baru Teknik Logistik Kemaritiman yang akan segera di buka pada tahun pelajaran baru 2021/2022. 

Kepala Sekolah serta calon Kepala Program Pendidikan/Kaprodi jurusan Teknik Logistik Kemaritiman Arina Salsabella, S.Pd saling berkoordiasi membahas rencana jurusan baru tersebut. 

Bertindak selaku moderator Rahmi Mufiyanti, Narasumber Maikel Ibrahim Boedim dan Jimmy Sidirgo dari PT Kamadjaya Logistics akan mensuport hadirnya Jurusan Teknik Logistik Kemaritiman di SMK KAL-1, selaku perusahaan yang sudah 53 tahun memiliki pengalaman di bidang logistics, akan memberikan kesempatan kepada para guru berkunjung keperusahaannya, melihat dari dekat, diskusi serta mempelajari bagaimana  berbagai proses dari barang masuk hingga keluar, dari segi administratif dan lainnya.

Sedangkan Kedepan antara SMK KAL-1 dan PT Karmadjaya Logistics akan membangun sebuah kerjasama. Sekolah akan menyiakan Sumber Daya Manusia (SDM) nya dengan mengadopsi  tenaga kerja dari PT Karmadjaya. 

“Sementara itu untuk  kurikulumnya akan di sampaikan ke Sekolah Sembada Pratama yang dimiliki oleh Asosiasi Logistik Indonesia, sehingga  bisa mengadopsi dari sana” tutur Maikel Ibrahim Boediman. 

Jurusan baruu Teknik Logistik Berbasis Kemaritiman ini kelak diproyeksikan untuk mengisi tenaga Teknisi Teknik Logistik  Berbasis Kemaritiman yang benar-benar handal yang memiliki kompetensi, meliputi :  Pengendalian Dokumentasi Administrasi, Pergudangan, Material Handling Equipment dan Logistik Multimoda.

Ditahun sebelumnya, SMK KAL-1 telah memiliki  4  jurusan, Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan/ Otomotif (TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Audio Video (TAV) dan satu jurusan baru Teknik Logistik Kemaritiman sebagai jurusan baru yang sudah pasti akan di buka tahun pelajaran baru 2021/2021. (ARMAN R)