Jumat, 23 April 2021 | 08:54:44 WIB

Tingkatkan Tata Kelola Dan Tata Ruang, Danlantamal X Jayapura Ajak Warga Primkopal Bangun Kerjasama

Kamis, 7 Januari 2021 | 22:25 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho S.E., M.M, menggelar acara tatap muka Komandan Lantamal (Danlantamal) X dengan warga Primkopal Lantamal X, di Aula Samudera loka Lantamal Jayapura, Papua, Kamis (7/1/21).

Selain sebagai sarana silaturahmi dengan para mitra Primkopal Lantamal X, kegiatan ini juga bertujuan sebagai wahana sosialisasi program kerja Primkopal kedepan tentang pengembangan tata kelola dan tata ruang aset lahan Lantamal X yang dikerjasamakan dengan para mitra usaha.

Sebanyak 80 mitra usaha Primkopal turut hadir dalam acara ini, yang dikemas dengan acara sarasehan. Acara diawali dengan penjelasan oleh Kepala Primkopal Lantamal X Letkol Laut (S) Noval Tampilang. 

Melalui paparannya, Letkol Laut ( S) Noval Tampilang mengatakan, rencana pengembangan unit usaha Primkopal kedepan akan menata ulang tempat usaha yang dikerjasamakan dengan para mitra. Menurutnya, program ini akan lebih menguntungkan dari segi ekonomi bagi mitra usaha sekaligus akan lebih tertata rapi dari segi tata ruang kota.

Sementara itu, Danlantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho selaku pembina Primkopal Lantamal X mengatakan, rencana ini bukan untuk mematikan usaha para mitra Primkopal melainkan untuk memastikan kesinambungan usaha yang dijalankan oleh mitra usaha.

"Lantamal X sebagai pengelola aset lahan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di Kota Jayapura, berkewajiban untuk menertibkan aset-aset yang dimiliki sebagai wujud ketaatan untuk melindungi alam semesta," ujar Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Menurutnya, dengan pengelolaan dan penataan ulang tempat usaha, secara estetika akan lebih  memperindah dan menjadikan Kota Jayapura lebih rapi, khususnya di kawasan Hamadi Entrop.

"Saya ingin lingkungan saya menjadi Kota Mandiri dan menjadi sport center di Kota Jayapura. Setiap tempat usaha haruslah mempunyai lahan-lahan parkir, jangan sampai ke bahu jalan sehingga bisa nyaman buat pengunjung, nyaman untuk bapak ibu dan nyaman untuk warga Kota Jayapura," kata Danlantamal X.

Rencana ini mendapat apresiasi dan dukungan oleh para mitra usaha Primkopal Lantamal X. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Agus Tabuni, Kepala Suku Lapoago Provinsi Papua.

Menurutnya, rencana ini akan menjadi pangkal kehidupan bagi semua, kawasan Entrop akan menjadi primadona di PON XX nanti.

Agus Tabuni juga menyarankan, agar ada perbaikan drainase, peningkatan kualitas jalan dan trotoar serta penyediaan tempat pembuangan sampah sementara.

Menanggapi permintaan yang disampaikan Bapak Agus Tabuni, Danlantamal X akan menindak lanjuti dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Kota Jayapura dan instansi terkait.

Hadir pada kegiatan tersebut, Aslog Danlantamal X, Aspotmar Danlantamal X, Ketua Puskopal Armatim, dan pengurus Primkopal Lantamal X Jayapura. (ARMAN R)