Selasa, 20 April 2021 | 18:13:53 WIB

Danlantamal X Jayapura Sarankan Segera Daftarkan Pelabuhan Depapre Ke Pushidrosal

Jum'at, 15 Januari 2021 | 09:51 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M menyarankan, agar Pelabuhan Depapre segera didaftarkan ke Pusat Hidro Oceanografi Angkatan Laut agar terdaftar di peta laut untuk menjamin keselamatan alur pelayaran.

Masukan itu disampaikannya saat mengikuti monitoring kesiapan sarana prasarana penunjang Pelabuhan Depapre bersama Pemerintah Provinsi Papua yang diwakili oleh Pejabat Sekda Doren Wakerkwa dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw serta stakeholder lainnya, di Pelabuhan Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (14/1/21).

Menurutnya, dengan didaftarkannya pelabuhan Depapre masuk ke dalam peta laut Indonesia akan menjamin keselamatan navigasi alur pelayaran bagi kapal-kapal yang akan sandar.

"Saya mendukung Pemerintah Daerah (Pemda), baik Provinsi Papua maupun Kabupaten Jayapura dalam menghadirkan Tol Laut dengan akan dioperasionalkannya Pelabuhan Depapre. Oleh karena itu, saya menyarankan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun kabupaten agar segera menyurat ke Kepala Staf TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pushidrosal, akan kami bantu dalam koordinasikan," ujar Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Apa yang disampaikan oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) X Jayapura mendapat apresiasi dari Bupati Jayapura, pihaknya selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan RI terkait survei pemetaan alur laut Pelabuhan Depapre.

Turut mendampingi Danlantamal X pada kegiatan tersebut, diantaranya Asintel dan Aslog Danlantamal X Jayapura. (ARMAN R)