Sabtu, 06 Maret 2021 | 12:25:24 WIB

Yayasan Hang Tuah Gelar “Hang Tuah National English Competition” Tingkat SMP

Rabu, 20 Januari 2021 | 16:06 WIB
  • (FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Masih dalam rangka kegiatan Hari Ulang Tahun (Hut) Yayasan Hang Tuah tahun 2021, Panitia Yayasan Hang Tuah (YHT) menggelar “Hang Tuah National English Competition” (HTNEC), yang digelar di SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (19/1/21).

Kompetisi tersebut diikuti oleh 43 siswa-siswa tingkat SMP, yang terdiri dari 16 sekolah, yaitu 14 dari sekolah di lingkungan YHT dan 4 Sekolah di luar YHT.

Ketua Pengurus YHT Cabang Surabaya Drs. SD Seputra , S.K.M.,M.M yang setia mendapingi peserta HTNEC 2021 menyampaikan, para peserta terdiri dari siswa yang masih duduk di bangku SMP kelas VII sebanyak 8 siswa, peserta kelas VIII sebanyak 23 siswa dan peserta kelas IX sebanyak 12 siswa. Mereka mengikuti lomba ini secara online dimana peserta boleh di rumah atau di sekolah masing-masing.

“Hang Tuah National English Competition” secara terpusat dilaksanakan di SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda Sidoarjo.  Ketua Panitia  Irra Fatukawati, S.Si, M.Pd mengatakan, peserta kali ini berasal dari Satuan Pendidikan (Satdik) SMP Hang Tuah Cabang Jakarta 5, Hang Tuah Cabang Surabaya 5, Hang Tuah Cabang Belawan 2, serta Satdik Hang Tuah Cabang Sabang, Makasar, Menado, Ambon, Lampung dan Tanjung Pinang, yang masing-masing satu peserta.

HTNEC tahun 2021 mengambil tema “Enhancing Excellent Character and National Maritime Awareness for Millennial Generation” ( Meningkatkan Karakter Unggul dan Kesadaran Maritim Nasional bagi Generasi Milenial ) ini, dengan kriteria penilaian, meliputi : Reliminary  (Computer Based Test ), terdiri dari: 50 soal pilihan ganda, 10 Soal Section Listening Comprehension, 20 Soal Structure And Written Expression, dan 20 Soal Reading Comprehension dengan durasi waktu 120 menit.

Dari babak awal ini di ambil 5 peserta untuk masuk ke babak Grand Final  dengan materi ujian  50 soal pilihan ganda dengan tingkat kesulitan bervariasi meliputi Structure, Reading comprehension dan menggunakan CBT dengan platform  googleform, mereka harus menempuh 120 menit dan menggunakan penilaian pengurangan skor untuk jawaban salah.

Kemudian babak terakhir  (English Speech). Pada babak ini seluruh peserta  mempersiapkan teks sebelum perlombaan dimulai, tema “ Speech adalah The Role of Teenagers to Enhance  Indonesia Maritime Conservation”, Durasi waktu penampilan minimal 5 (lima) menit dan maksimal 7 (tujuh) menit. Peserta diberi waktu 2 (dua) menit untuk mempersiapkan diri.

Peserta tampil tanpa naskah dan tanpa bantuan dari pihak manapun. Pelanggaran terhadap ketentuan berakibat pengurangan poin penilaian. Penampilan disampaikan dalam bahasa inggris dan tidak mengandung unsur-unsur SARA dan atau pornografi. Speech merupakan karya asli bukan plagiat, Peserta online penampilan melalui Zoom Cloud meeting serta mengirimkan teks speech ke WA panitia dan di upload ke google drive.

Tim pembuat soal dan tim penilai adalah Tim khusus dari PT Asta Ilmu Sukses (Oxford) Ms Francisca Dyah dan Mr Mardhana Ksatrya dan Mr Adi Rachmadi.

Para peserta setelah menyelesaikan babak terakhir keluar sebagai juara pertama  HTNEC 2012 siswa  Shayna Safira Putri dari SMP Hang Tuah 6 Excellent dengan mengambil Tema dampak penggunaan APD dari bahan plastik  yang dapat mencemari OCEAN. APD tidak selalu sekali pakai. Ini memiliki versi yang dapat digunakan kembali karena dapat digunakan berkali-kali hanya dengan mencucinya. Saya sangat ingin memberikan model kepada mereka bagaimana memilih masker standar yang tepat untuk dipakai dan cara membersihkannya.

Sebagai pemenang kedua siswa  Alithia Kinanti dari SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo dengan Tema "Peran Remaja Dalam Meningkatkan Konservasi Maritim Indonesia", .diungkapkan bahwa 4 peran remaja,  pertama kami adalah sebagai agen perubahan, kedua sebagai agen pembangunan, ketiga sebagai agen modernisasi dan ke empat sebagai agen pendidikan.

Dan sebagi juara ke tiga  Elviana Lathifah Khoirunnnisa dari SMP  Islam Terpadu Insan kamil Sidoarjo, yang menyampaikan  Tema “Pemuda dan  Konservasi Maritim” Gadis mungil ini satu-satunya pemenang  dari luar Yayasan Hang Tuah.

Salah satu tujuan dalam menyampaikan pidato ini adalah membuat sebuah Organisasi bernama (IYOMC) International Youth Organization Maritime Conservation  di bawah perlindungan Perseriktan Bangsa Bangsa dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

IYOMC merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan generasi muda di seluruh dunia untuk berperan dalam menjaga keberlanjutan fungsi kelautan. (ARMAN R)