Minggu, 18 April 2021 | 00:44:37 WIB

Perkuat Sinergitas, Danlantamal X Jayapura Terima Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Papua

Kamis, 21 Januari 2021 | 23:33 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua Anthonius M. Ayorbaba, S.H., M.Si., di ruang kerjanya, Selasa (19/1/21).

Kunjungan ini dalam rangka menjalin tali silaturahmi sekaligus untuk meningkatkan sinergitas dan koordinasi antar instansi sehingga mendukung tugas pokok masing-masing institusi, khususnya di wilayah Papua. 

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham Papua di Mako Lantamal X, juga turut membawa serta jajarannya, diantaranya Kepala Divisi Keimigrasian Novanto Sulastono, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Abduraab Ely dan Kepala Sub Bidang Intelijen Keimigrasian Ben Yuda Karubaba.

Diawal perbincangannya, Komandan Lantamal (Danlantamal) X, menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi Lantamal X, wilayah kerja serta tantangan dan hambatan yang dihadapi Lantamal X dalam mengcover perairan Papua. 

Dalam perbincangan hangat tersebut, kedua pemimpin juga membicarakan permasalahan perbatasan, yaitu terkait pelanggaran batas wilayah dan kegiatan ilegal/penyelundupan barang terlarang di perbatasan negara, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing, khususnya warga negara Papua Nugini. 

“Semua kegiatan kita ancamannya sama, kita akan hadapi itu secara bersama-sama, menjadi sinergi. Kedua institusi ini hadir di Papua untuk membangun Papua," kata Laksma Yeheskiel.

Menurutnya, masyarakat Papua bisa merasakan langsung kehadiran kedua institusi ini. Bahwa bangsa dan negara telah mempercayakan Angkatan Laut, Lantamal dan Imigrasi untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Sehingga nanti jalur-jalur tikus dan jalur-jalur resmi yang sudah dicanangkan oleh kita menjadi fokus utama kita. Kita akan gelar latihan, dari latihan inilah kita bersinergi sebagai wujud kerja sama yang baik dari kedua institusi ini," ujar Danlantamal X.

Diterangkannya pula, dalam menghadapi setiap ancaman yang ada, khususnya terkait permasalahan pelanggaran hukum dan keamanan negara, ia juga akan melibatkan stakeholder yang lain. 

“Tentunya kembali lagi kepada tugas dan pokok institusi masing-masing dalam mengidentifikasi setiap ancaman,” kata Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Papua, Anthonius M. Ayorbaba mengaku, kondisi Papua yang dengan jangkauan wilayah sangat luas, tentunya harus dibangun dalam sinergitas dan kolaborasi yang terbaik dari semua institusi Negara RI.

“Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Papua menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Danlantamal X Jayapura yang sudah menerima kami untuk beraudience saat ini,” ucap Ayorbaba

Tentu tambahnya, secara spesifik bersama Kepala Divisi Keimigrasian, pihaknya akan membahas dan mengidentifikasi hal-hal apa saja yang menjadi kemungkinan untuk penguatan sinergitas ini harus dilakukan sebagai bagian dari Penjaga Pintu Gerbang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi, keberadaan Imigrasi juga harus mendapat dukungan dari TNI dalam hal ini TNI AL dan penguatan pembentukan Timpora laut dan Udara itu menjadi penting karena kita sudah mengidentifikasi beberapa sumber masalah diantaranya pengawasan Orang Asing yang selama ini kita lakukan bersama-sama,” ujarnya.

Kepala Divisi Keimigrasian, Novanto Sulastono berharap, sinergitas bersama Lantamal X Jayapura dalam pengawasan perlintasan Warga Negara Asing (WNA) maupun WNI masuk dan keluar NKRI menjadi prioritas utama, dalam mengawal pintu gerbang NKRI ke depannya. 

Usai Pertemuan kepada Humas Kanwil Kemenkum HAM Papua, Danlantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kakanwil dan Kadiv Keimigrasian di Lantamal X, intinya kita bersinergi dalam menjaga NKRI yang ada di Papua.

Turut mendampingi Danlanatamal X dalam pertemuan tersebut, Asintel Danlantamal X Kolonel Marinir Marthen L. Ginting dan Aslog Danlantamal X Kolonel Laut (T) Fajar Sukmana. (ARMAN R)