Jumat, 16 April 2021 | 23:40:05 WIB

Pjs Kades Berkomitmen dengan Warga Siap Bangun Desa Lata-lata Yang Bermandiri dan Berbasis Tehknologi

Senin, 25 Januari 2021 | 09:47 WIB
  • Pjs Kades Lata-lata Etus Maici saat melakukan pertemuan dengan warganya beberapa waktu lalu di balai desa Lata-lata, kecamatan Kasiruta Barat, kabupaten Halsel. (Foto: Hasan/Lindo)

HALSEL, LINDO - Pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Lata-lata (Kades) Etus Maici mengatakan bahwa ia dan pemerintahannya kedepan siap membangun desa ini lebih bermandiri dan berbasis tehknologi lagi.

"Saya siap bekerjasama dengan warga untuk membangun desa ini yang lebih mandiri dan berbasis tehknologi. Apalagi semangat warga ini sangat luar biasa, maka kita harus dukung," kata Etus usai melakukan sosialisasi surat keputusan SK bupati Halsel soal pejabat kades di desa Lata-lata, beberapa waktu lalu dibalai desa Lata-lata.

Dalam rapat itu, Etus mengaku sangat prihatin dengan kondisi warganya yang telah trauma dengan kebijkan pemerintah sebelumnya. Dihadapan rapat, banyak sekali warga yang keluhan soal tidak transparan anggaan dan pembangunan di dalam desa.

"Saya hanya bilang bahwa dipemerintahan saya ini kita semua harus terbuka dan harus bekerjasama yang baik. Tidak usah ditutupi dan tidak usah jauh dari warga, mari kita sama-sama bergandeng tangan untuk merubah wajah desa ini untuk menjadi desa yang lebih baik lagi," ujar Etus.

Dia mengaku bahwa permintaan warga soal seluruh aset desa yang saat ini masih ditangan pejabat lama, pihaknya akan siap bekerjasama untuk menarik kembali seluruh aset desa yang saat ini masih berada di tangan kades yang lama.

"Saya hanya bilang bahwa seluruh aset desa baik itu yang bergerak maupun yang tidak bergerak yang ada ditangan kades lama akan saya minta dan kalau bisa segera dibawah ke desa, tidak usah dengan cara-cara paksaan. Kalau memang masih ada aset desa di pejabat lama, tolong semua itu dikembalikan di desa. Tidak usah lagi kita bermusuhan, mari kita sama-sama jaga persaudaraan ini yang lebih baik lagi agar kedepan semua bisa harmonis dan desa ini makin jaya dalam pembangunannya," tandasnya.

Sementara dalam sesi tanya jawab dengan warga, Etus mengaku bahwa seluruh usulan terkait dengan anggaran tahun 2021, ia selalu mengedepankan program yang sangat prioritas termsuk alat tehknologi dan kebutuhan umum lainnya yang sangat mendesak.

"Yang diusulkan oleh warga itu semua harus kita laksanakan. Tapi yang lebih utama adalah sarana yang sangat prioritas. Sedangkan yang dibutuhkan seperti, air bersih, MCK, jalan umum, jambatan, saluran air, rumah ibadah, lampu jalan, transportasi laut, sarana komunikasi, itu semua juga masuk dalam skala prioritas, maka dari itu kita semua harus cepat-cepat gelar musyawarah desa agar anggaran ditahun ini bisa kita realisasi semuanya," tutur Etus.

Selain usulan warga, dalam kesempatan itu, kades juga memintah pada seluruh elemen masyarakat bahwa kebijakan ini harus didukung oleh seluruh komponen, baik itu BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda di dalam desa, agar kedepan sama-sama ikut berpartisipasi dalam rangka pembangunan di desa Lata-lata.

"Mari kita sudahi semua perselisihan pendapat yang kemarin-kemarin, kita harus bersatu dalam rangka meyongsong pembangunan yang maju, bermandiri dan bertehknologi didalam desa ini. Kita semua harus punya komitmen yang tinggi, agar cita-cita yang mulia ini semua bisa kita rasakan dan kita nikmati bersama-sama," paparnya.

ALDY M