Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:54:18 WIB

HCW Minta Pemerintah Kota Ternate Segera Bayar Gaji TTP Pada 6000 Pegawainya

Sabtu, 30 Januari 2021 | 22:11 WIB
  • Direktur¬† HCW Rajak Idrus. (Foto: Aldy/Lindo)

TERNATE, LINDO - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Halmahera Coruption Watch (HCW) Maluku Utara, meminta agar  Pemerintah Kota Ternate segera membayar gaji  Tambahan Penghasilan PNS (TTP). Sebab hasil  pantauan HCW hingga saat ini gaji  TTP dari bulan Desember 2020 belum juga terbayarkan.

Demikian hal itu dikatakan Direktur HCW Rajak Idrus  dalam pesan rilisnya yang diterima oleh media ini di Ternate, Sabtu (30/01/2021).

Dalam keterangannya, HCW merilis bahwa beberapa sumber dari pegawai TTP yang di ditemui telah  mengakui bahwa mereka hingga kini gajinya belum juga terbayarkan.

"Sesuai data yang kami pegang ada sekitar 6000 orang pegawai TTP yang saat ini belum menerima honornya. Sedangkan hal itu yang menjadi kebutuhan mereka sehari-hari," kata lelaki yang sering disapa Jeck itu.

Jeck juga menegaskan bahwa dana itu sebenarnya di peruntukan untuk anak-anak mereka yang saat ini masih bersekolah dibangku SD, SMP, SMA, bahkan di perguruan tinggi.

"Saya minta agar Wali Kota Ternate  Burhan Abdurahman segera mengambil sikap untuk   membayar gaji TTP  pada seluruh anak  buahnya," ungkap Jeck.

Selain informasi diatas, Jeck juga mengungkapkan bahwa, HCW juga menemukan para pegawai kebersihan kota Ternate yang juga belum terbayar  honor mereka dari bulan November sampai dengan bulan Desember tahun 2020. Sedangkan jumlah satgas yang belum terbayar honornya mencapai 180 orang petugas kebersihan.

"Dalam pantauan kami bahwa sebanyak 180 orang satgas kebersihan di bawah pengawasan Dinas Perkim kota Ternate itu, hingga kini belum juga dibayar. Maka dari itu, kami minta agar pemerintah kota Ternate harus lebih jujur dan terbuka  kepda pagawai TTP. Kenapa gaji mereka belum juga dibayar," ujar Jeck.

Sesuai data HCW, bahwa para satgas kebersihan yang berjumlah 180 orang itu di tempatkan di beberapa pusat kota, yang bertujuan untuk membersihkan disetiap sudut kota itu.

"Sebanyak 180 orang petugas kebersihan  disebarkan disudut kota Ternate. Disperkim yang menempatkan mereka ke titik yang sudah disiapkan. Ada beberapa titik yang dirawat rutin diantaranya, taman Daulase kelurahan Tafure, Taman Ikan Dufa-dufa, Taman Loloro di depan Haypermart Kelurtahan Soasio, Taman Fitnes Blakan Benteng, Taman Kayu Merah, Tamam Nukila, dan Taman Kota Ternate di Kelurahan Toboko.

"Untuk itu saya minta agar pemerinta kota Ternate khususnya Wali Kota agar segera mengambil sikap cepat untuk membayar semua gaji TTP yang hingga saat ini belum juga terbayar. Kami juga minta agar DPRD kota Ternate segera mengambil sikap supaya bisa membantu seluruh pegawai yang gajinya masih tersendat itu," ungkap Jeck.

ALDY M