Jumat, 16 April 2021 | 23:29:27 WIB

BPD Kecamatan Kao Teluk Geram Dengan Sikap Manajemen SP/CSR PT. NHM

Minggu, 21 Februari 2021 | 10:24 WIB
  • Ketua Forum BPD Kao Teluk Jingo G Jabarmasse. (Foto: Aldy/Lindo)

HALUT, LINDO - Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kecamatan Kao Teluk menilai bahwa Departemen SP/CSR PT. NHM tidak efektif dalam pemberian tunjangan pada karyawannya.

Demikian hal itu dikatakan oleh Ketua Forum BPD Kao Teluk Jingo G Jabarmasse, pada media ini, Sabtu (20/02/2021).

Jingo mengakui bahwa selama ini pihak SP/CSR PT. NHM selalu memandang lembaga BPD tidak punya peranan di Desa, padahal dalam pengambilan keputusan program di desa harus ada persetujuan dari BPD.

"Selama ini hanya Kepala Desa yang dilibatkan, padahal keputusan berprogram itu bukan hanya kepala desa, namun kepala desa bersama BPD dan melalui persetujuan dari BPD," katanya.

Sementara secara terpisah Ketua BPD Akelamokao Rizal Bambang mengatakan bahwa manajemen maupun Direktur PT. NHM  sangat tidak setuju jika ada persoalan yang terjadi di tingkat desa.

"Kalau dari pimpinan tertinggi mereka tidak mau ada gejolak di tingkat desa, mereka mau aman-aman saja. Kalau persoalan ditingkat bawah tidak bisa  diselesaikan berarti semua ini hanya rekayasa dari pihak SP/CSR saja yang selalu membuat kebijakan yang amburadul sehingga menimbulkan masalah terus," cetusnya.

Mantan Wakil Ketua Hanura Propinsi Maluku Utara ini juga meminta pada pihak SP/CSR PT. NHM agar selalu melibatkan BPD dalam pertemuan dengan pihak PT. NHM, karena BPD juga mempunyai kewenangan yang sama di tingkat desa.

"Kami sangat mengharapkan kerjasama antara PT. NHM dan BPD di 5 kecamatan lingkar tambang, jangan hanya para kepala desa saja yang menjadi mitra kerja, kami juga harus di ikutsertakan dalam setiap pertemuan," pintanya.

Hingga berita ini dilansir, pihak SP/CSR PT. NHM belum mau memberikan tanggapan. Nomor telepon selulernya saat dihubungi media ini nada sambungnya tidak dapat dihubungi. Pesan singkatnya yang dikirim juga belum dibalas.

ICHAL/ALDI