Kamis, 17 Juni 2021 | 09:25:22 WIB

TNI AL Pastikan Sepuluh Peserta Maritime Hackathon Terbaik Masuk Babak Final

Senin, 5 April 2021 | 22:42 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) memastikan sepuluh peserta Maritime Hackathon terbaik, dinyatakan masuk dalam grand final Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) - Maritime Hackathon 2021, setelah melalui proses penjurian dari akademisi, praktisi industri IT, dan anggota TNI AL yang berpengalaman, yang berlangsung di geladak KRI Usman Harun 359 yang sandar di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/4/21).

Kesepuluh peserta ini berhasil menyisihkan 90 peserta lainnya  setelah melalui tahap verifikasi yang meloloskan 89 peserta dalam semi final, selanjutnya tersisa 10 peserta yang akan melaju ke babak final yang akan dilaksanakan Selasa (16/4/21) besok.

PPKM - Maritime Hackathon 2021 merupakan ajang adu kreativitas yang terselenggara atas Kerjasama Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) dengan Telkom University dan TemanSiswa.com untuk menghasilkan berbagai bentuk pengembangan beragam produk dalam rangka mendukung pengelolaan data dan potensi maritim di sektor edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata termasuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir.

Kadispotmaral Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika mengatakan, kompetisi yang dibuka pada 18 Februari 2021 lalu dan diikuti berbagai unsur masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan profesional dari berbagai daerah se-Indonesia ini dilaksanakan dalam rangka menggali potensi anak bangsa di bidang inovasi produk digital kemaritiman. 

“Animo dari komunitas IT sangat tinggi, dan solusi aplikasi yang diusulkan sangat inovatif untuk mendukung tugas pokok TNI AL dalam pembinaan potensi maritim. Produk yang dihasilkan merupakan kontribusi masyarakat kepada pertahanan dan keamanan nasional,” ungkap Brigjen TNI Nuri Andrianis.

Menurut Kadispotmaral, kompetisi adu kreativitas untuk menciptakan ide dan inovasi dalam pembentukan karakter maritim ini, selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., ini, dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Semua rangkaian dan informasi kegiatan terdapat di website www.hackathonmaritim.id. (ARMAN R)