Kamis, 13 Mei 2021 | 13:10:08 WIB

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021 Terima Pembekalan Kepala Staf Koarmada I Secara Virtual

Jum'at, 16 April 2021 | 19:42 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021, menerima pembekalan Kepala Staf Koarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han)., CHRMP., yang bertemakan “Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional Guna Menghadapi Ancaman Militer Di ALKI I”, di kelas A Gedung R. E. Martadinata Seskoal, Cipulir,Jakarta Selatan, Kamis (15/4/21).  

Dalam pembekalan yang berlangsung virtual melalui Video Conference (Vicon) ini, Kepala Staf Koarmada I yang berada di Ruang Puskodal Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Staf Koarmada I menyampaikan mengenai Pengembangan pertahanan negara berorientasi pada kondisi geografis pembangunan wilayah pertahanan di laut dengan meningkatkan kekuatan kapal perang Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan penempatan peluru kendali di selat strategis (choke point) di ALKI penguatan Kogabwilhan dan pembentukan STT sebagai satuan pelaksana operasi Kogabwilhan yang dilengkapi dengan penguatan sensor terintegrasi serta pembangunan coastal radar dan kamera jarak jauh. 

Koarmada I mempunyai luas wil laut sebesar 2,03 juta KM2, dimana pada per yuriskdisi tersebut terhadap 4 choke point penting jalur pelayaran dunia yaitu Selat Malaka, Selat Singapore, Laut Natuna dan Selat Sunda. 

4 choke point tersebut sangat rawan terjadinya kegiatan-kegiatan illegal. Diakhir pembekalan, Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han)., CHRMP., menekankan pentingnya interopability dengan komponen-komponen cadangan serta pendukung dalam melaksanakan pengamanan di laut. 

Pemberdayaan potensi maritim nasional harus selaras dengan kebijakan pertahanan negara. Usai pembekalan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pelaksanaan  pembekalan ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan tetap mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Kapusjianmar Seskoal Laksma TNI Suharto, S. H., M.Si (Han),  Pejabat Utama Seskoal dan para Patun Dosen Seskoal. Kegiatan pembekalan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menyampaikan “Bangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan professional serta tangguh menghadapi segala ancaman”. (ARMAN R)