Sabtu, 31 Juli 2021 | 06:51:43 WIB

Menaker Ida Minta Pengusaha Dan Pekerja Perkuat LKS Tripartit Nasional 

Selasa, 15 Juni 2021 | 12:11 WIB
  • (FOTO : HUMASNAKER/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengadakan pertemuan dengan Badan Pekerja Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional, di Bogor, Jawa Barat, Senin (14/6/21). Acara yang bertajuk Temu Muka itu, membahas hal-hal strategis dalam rangka penguatan kelembagaan LKS Tripartit Nasional.

Menaker Ida menyatakan, LKS Tripnas merupakan lembaga yang penting dan strategis dengan tugas mulia memberikan pertimbangan, saran, dan pendapat kepada Presiden dan pihak terkait dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan secara nasional.

"Karena itu kedudukan lembaga ini  memberikan dampak yang signifikan dalam pembangunan ketenagakerjaan," ujar Menaker Ida yang juga Ketua LKS Tripnas itu.

Pada pertemuan tersebut, Ida berpesan kepada LKS Tripartit, agar terus menguatkan kembali dari sisi kelembagaan, serta melalui representasi dari unsur masing-masing agar kedepannya terus menciptakan keharmonisan iklim ketenagakerjaan.

Ia juga mendorong, LKS Tripartit Nasional mampu adaptif dan inovatif dalam menyikapi dinamika ketenagakerjaan Indonesia dan dunia, sehingga lembaga ini mampu memberikan solusi yang aplikatif dalam menjawab tantangan tersebut.

"Ini tantangan yang harus dijawab teman-teman LKS Tripartit mengingat dinamika ketenagakerjaan yang terus berubah cepat," kata menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (Dirjen) PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri, menambahkan, perlunya strategi LKS Tripartit agar bisa menjangkau kehadiran pemerintah terkait solusi konkret guna menghadapi pandemi Covid-19 ini, khususnya terkait ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terus terjadi dalam kondisi seperti ini.

"Dalam waktu dekat kami akan mengadakan forum pertemuan untuk membahas Roadmap Ketenagakerjaan untuk nantinya mendapatkan rekomendasi konkrit dari sisi Pemerintah, Serikat Pekerja maupun pengusaha," terang Dirjen Putri

Temu Muka ini dihadiri Plt. Direktur Kelembagaan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Surya Lukita Warman, Wakil Ketua LKS Tripartit Nasional dari Unsur Organisasi Pengusaha, Myra Maria Hanartani; dari Unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Pudji Santoso; dan para anggota Badan Pekerja LKS Tripartit. (ARMAN R)