Senin, 25 Oktober 2021 | 22:50:34 WIB

TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksin Door to Door Di Sekitar Lanal Saumlaki

Rabu, 28 Juli 2021 | 21:05 WIB
  • (FOTO : LANALSAUMLAKI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka mensukseskan program Vaksinasi Nasional "1 juta vaksin perhari", Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki kali ini melakukan Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim, di sekitar Mako Lanal Saumlaki, Jalan Slamet Riyadi, Dusun Lakateru, Desa Olilit Raya, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Propinsi Maluku. Rabu (28/7/21) 

Vaksinasi kali ini dilaksanakan dengan cara "door to door" dengan mendatangi  rumah - rumah warga yang berdomisili di sekitaran Mako Lanal Saumlaki, hal ini merupakan bentuk percepatan dalam proses vaksinasi dan menargetkan 10 Vaksinasi menggunakan vaksin jenis Sinovac. 

Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa, S.E.,M.Tr.Opsla mengatakan, kegiatan serbuan vaksin dengan cara door to door ini merupakan bentuk percepatan layanan vaksin secara merata,dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam vaksinasi karena tentunya dengan door to door dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses vaksin. 

Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan sebelum diberikan suntikan vaksin, terlebih dahulu dilaksanakan swab antigen, kemudian tahapan-tahapan, seperti pendaftaran, pengecekan tekanan darah, suhu tubuh, skrining. Setelah tidak ditemukan kendala kemudian warga menerima suntikan vaksin dan dilanjutkan tahap observasi. 

Lanal Saumlaki dalam melaksanakan vaksinasi tersebut menerjunkan Tim Vaksinator Balai Pengobatan Lanal Saumlaki dan juga melibatkan para Bintara Potensi Maritim (Babinpotmar). 

"Kegiatan Vaksinasi ini sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, untuk membantu pemerintah dalam program Vaksinasi Nasional guna mewujudkan tatanan kehidupan yang sehat agar terbebas dari wabah pandemi Covid-19," terang Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa. (ARMAN R)