Rabu, 20 Oktober 2021 | 04:19:34 WIB

Satuan Udara Pencarian Dan Pertolongan Resmi Beroperadi Di Lanud Atang Sendjaja

Jum'at, 30 Juli 2021 | 20:19 WIB
  • (FOTO : PENLANUDATS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prestyo, S.E., M.P.P., meresmikan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan dalam upacara militer, di Hanggar Satud PP Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (Ats), Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/7/21).

Dalam sambutannya, Kasau memyampaikan peresmian Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan ini merupakan tidak lanjut dari Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Nomor 5 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tugas Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Wing 4 Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja.

Secara khusus, perwujudan Satuan Udara ini, juga awal dari inisiatif pimpinan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan kebutuhan pengembangan organisasi guna melaksanakan tugas Operasi Udara Khusus, dalam bentuk Operasi Pencarian dan Pertolongan (OPP) sebagai tercantum pada Doktrin Swa Bhuwana Paksa.

Sebagai negara kepulauan yang sangat luas, Indonesia menghubungkan dua benua dan dua samudera, sehingga memberikan nilai yang sangat strategis bagi pelayaran dan penerbangan dunia.

Hal tersebut memberikan keuntungan signifikan, terutama pada aspek ekonomi dan logistik, di mana lalu lintas transportasi di wilayah Indonesia menjadi salah satu jalur terpadat di dunia, yang dilewati oleh pelayaran kapal maupun penerbangan udara, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tugas pencarian dan pertolongan merupakan tugas yang tidak ringan, terlebih dengan cakupan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat luas. Oleh karena itu, di butuhkan sinergi antara TNI AU dengan Kementerian dan Lembaga lainnya, khususnya dalam hal ini dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. 

Untuk itulah, diperlukan bentuk organisasi permanen yang mampu melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan, penyiapan alutsista, serta melaksanakan pembinaan kemampuan dan profesionalisme sumber daya manusia, agar berbagai tugas tersebut dapat terwujud secara optimal.

"Inilah yang menjadi latar belakang pembentukan Satuan Udara Pencarian Pertolongan di bawah Komandan Wing 4 Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (Ats). Lebih dari itu, Satuan Udara ini juga diharapkan dapat mendukung kelancaran tugas Operasi Militer selain Perang TNI pada masa mendatang," ujar 

Kepada Mayor Pnb Tatag Onne Setiawan, M.Han., Kasau menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan pimpinan TNI AU untuk mengemban amanah sebagai Komandan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan yang pertama. 

Diakhir sambutan, Kasau menegaskan kepada seluruh anggota Satud PP untuk menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh negara  dengan sebaik -baiknya serta utamakan keselamatan terbang dan kerja dalam setiap kegiatan.

Turut hadir pada peresmian, Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfian, Para Asisten Kasau, Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S.T., M.M., Para Kadis Mabesau, Para Pejabat BNPP Basarnas, Danlanud Atang Sendjaja Marsma TNI Fachrizet, S.Sos. dan undangan lainnya. (ARMAN R)