Rabu, 20 Oktober 2021 | 03:53:56 WIB

Rapat Tim Gugus Tugas Reforma Agraria BPN Halut

Sabtu, 31 Juli 2021 | 18:46 WIB
  • Foto dok, Rapat kordinasi tim gugus tugas agraria BPN halut

Lindo Halut - Gugus Tugas Reforma Agraria Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Halmahera Utara melaksanakan Rapat Koordinasi Tahun 2021 bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Halut, yang telah berlangsung diruangan Meeting Fredy Tjandua, Jumat (30/7/2021).
            Kepala Kantor (Kakan) Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Halmahera Utara Ikram Abd.Haris,S.iT,MM menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Gugus Tugas diKabupaten Halut ini paling terakhir dikarenakan pelaksanaannya berdasarkan SK Bupati Halmahera Utara Nomor : 82.03/52/HU/2021," jelas Ikram saat sambutannya.
              Kata Kakan BPN Halut, dua kegiatan yang di Prioritas dari Tim Gugus Tugas Reforma Agraria yaitu Penataan Aset dan Penataan Akses. 
Selanjutnya Gugus Tugas Reforma Agraria melaksanakan dalam rangka Penataan Akses Tata Agraria dengan berkolaborasi menyangkut kepentingan Daerah terkait dengan Tanah Nelayan bahkan Tanah Masyarakat dan Tanah yang Terintegrasi dalam perlindungan," ucapnya.
           Menurut ia, Tujuan dari inti kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria adalah, sebagai bentuk tanggung jawab Pemerintah yang besar untuk kemakmuran rakyat, terlibat khusus masyarakat Halmahera Utara," terangnya.
            Selain itu kata Ikram, untuk mengamankan Aset dari masyarakat dan Pemerintah dengan adanya Tim Gugus Tugas Reforma Agraria, ini merupakan satu gebrakan atau langkah awalnya untuk meminilisir Masalah pertanahan agar menghindari dari gesekan atas permasalahan tanah, maka perlu adanya koordinasi dengan aparatur dalam rangka menegakan aset daerah ini," katanya. 
             Pj Sekretaris Daerah menyatakan bahwa Rapat koordinasi yang dilaksanakan ini guna menggambarkan sebuah hasil, dengan demikian untuk mencari hasil maka terlebih dahulu kita memahami tugas tugas yang harus dilaksanakan dalam Tim Gugus Tugas Reforma Agraria. Kita harus kembangkan koordinasi dengan saling tukar data terkait tanah sehingga masalah masalah yang belum kita hadapi atau tanah yang belum diselesaikan dapat kita kongkritkan. 
              Harapan Sekda, semoga tugas Tim Gugus Tugas Reforma Agraria menjadi amanah sehingga harus bertanggungjawab atas amanah tersebut dan dapat menghasilkan produk yang baik dikarenakan tanah ini harus kita jadikan sabagai ruang hidup bagi semua kegiatan masyarakat," harap Sekda. Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pj.Sekretaris Daerah Halmahera Utara Drs.E.J Papilaya,MTP, Pasi Pers Kodim 1608/Tobelo Kapten Inf Hadji Talaohu, Waka Polres Halut Kompol Aufat, Kepalaa Kantor (Kakan ) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Halut Ikram Abd.Haris,S.iT,MM , Kasie Fatin Kejari Halut M.Taufik Thalib,SH, serta pimpinan OPD Pemda Halut dan Tim Gugus Tugas Reforma Agraria.    ( Jef )