Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:29:04 WIB

KRI dr. Soeharso-990 Terus Suplai Kebutuhan Oxygen

Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:18 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI dr. Soeharso-990 jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada II, terus menyuplai kebutuhan oxygen masyarakat Semarang, Jawa Tengah (Jateng), terutama melayani kebutuhan Rumah Sakit yang sedang merawat pasien-pasien terkena Covid-19. Sampai hari ini oxygen yang didistribusikan mencapai 670.000 liter, Rabu (4/8/21).

Rumah sakit di wilayah Semarang dan sekitarnya masih memerlukan pasokan oxygen, sehingga hampir setiap hari rata-rata tiap-tiap rumah sakit mengisi tabung oxygennya rata-rata sekitar 6.000 liter sebanyak 16 tabung. Sementara itu, rumah sakit yang dilayani KRI dr. Soeharso-990 baik RS pemerintah maupun RS Swasta, seperti RS William Booth, RSU Banyumanik, RSI Sultan Agung dan RS Permata Medika.

KRI dr. Soeharso-990 yang dikomandani Letkol laut (P)  Choirul Arif, datang ke Kota Semarang dengan misi khusus, yakni melayani kebutuhan oxygen masyarakat Semarang yang sempat mengalami kelangkaan. 

Kapal bantu rumah sakit ini diperintah langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,  melalui Pangkoarmada II TNI Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M,TR.(Han) menuju ke Semarang guna membantu menyuplai  Oksigen karena terjadinya  kelangkaan oksigen di Wilayah Semarang dan sekitarnya,

Selama sandar di dermaga Nusantara II Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kapal yang memiliki  fasilitas peralatan Generator Oksigen ini setiap hari melaksanakan pengisian tabung kurang lebih 25 tabung. KRI Soeharso-990 akan tetap berada di Semarang apabila pasokan oxygen di masyarakat masih sedikit atau terbatas.

Keberadaan KRI dr. Soeharso-990 sangat membantu meringankan beban Pemerintah Daerah (Pemda) Jateng dalam menanggulangi kelangkaan oxygen. Para pejabat di Semarang seperti Gubernur Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi, S.E., M.M.,  sangat mengapresiasi kegiatan penyediaan oxygen dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI AL yang telah mengirimkan KRI Soeharso-990. (ARMAN R)