Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:54:25 WIB

Sinergitas TNI AL Lantamal X Dan Ormas Papua Vaksinasi Masyarakat Maritim Dok IX Jayapura

Minggu, 26 September 2021 | 19:45 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, semakin gencar dan masif dalam melaksanakan kegiatan Serbuan Vaksinasi. 

Berkolaborasi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Dewan Kepemudaan Nasional (DKN) Papua, Lantamal X kembali menerjunkan Tim Vaksinatornya untuk melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim yang bermukim di Dok IX dan dilaksanakan di Pasar Inpres Dok IX, Jayapura, Papua, Minggu (26/9/21).

Kegiatan Serbuan Vaksinasi yang bertajuk “Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL” ini, dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi nasional dan cukup menarik banyak antusias masyarakat Jayapura, khususnya para pedangang serta konsumen atau pembeli. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengisi formulir untuk mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. 

Dalam kesempatan ini, Lantamal X Jayapura menerjunkan 2 Tim Vaksinatornya dari Dinas Kesehatan Lantamal X dibawah pimpinan Kadiskes Lantamal X, Mayor Laut (K) drg. Agus Pudianto, Sp. Pros.

Komandan Lantamal (Danlantamal) X Jayapura Brigen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung disela-sela kesibukannya mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Papua khususnya Kota Jayapura dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

“Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, memerintahkan agar seluruh komponen Angkatan Laut terus melaksanakan serbuan vaksinasi,” ujar Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung.

Menurutnya, Lantamal X tidak hanya melaksanakan serbuan vaksin sendiri. Namun juga bekerja sama dengan instansi pemerintahan, TNI/Polri, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan pihak-pihak lainnya.

“Tujuan kita adalah mensukseskan penyelenggaraan PON dimana sesuai dengan perintah presiden PON bisa diselenggarakan apabila 70% (masyarakat) sudah berhasil divaksin," jelasnya.

Serbuan vaksinasi  maritim TNI AL ini lanjut Danlantamal, ditujukan untuk mempercepat pencapaian target pemerintah yakni "2 Juta Vaksin Sehari" menuju Indonesia yang sehat dan bebas dari Covid-19. Selain itu, vaksinasi sangat bermanfaat untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi terhadap masyarakat Papua. (ARMAN R)